Sunday, March 15, 2009

pencemaran asap knalpot

Sulit sekali rasanya kini merasakan udara yang sejuk dan segar, terlebih bila berada di kota besar. Padatnya kendaraan di jalan telah berbanding lurus dengan tingkat pencemaran udara.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat polusi terparah di dunia. Asap knalpot dari sekian juta kendaraan telah membuat langit tidak lagi biru, melainkan hitam. Terlebih lagi dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor yang tidak peduli dengan lingkungan alam, semakin menambah kepekatan udara.

Selama ini kita memang mengetahui bahwa asap knalpot tidak baik untuk kesehatan, khususnya pada penyakit asma, paru-paru dan penyakit saluran pernafasan lainnya. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa polusi udara dapat mempercepat usia seseorang akibat dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan. Namun, masih banyak diantara kita yang belum tersadarkan bahayanya asap kendaraan inil tidak hanya bagi saluran pernafasan, tapi juga pada bagian tubuh lain.

Bank Dunia melaporkan bahwa adanya kandungan timbal dari asap knalpot dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan (IQ), meningkatkan penyakit jantung koroner dan hipertensi, serta menurunkan kemampuan darah untuk mengikat oksigen. Selain itu, timbal juga dapat mencemari sayuran dan buah-buahan yang kita makan.

Timbal yang masuk ke dalam tubuh kita baik melalui udara maupun makanan ini dapat mencemari otak anak sejak masih berada di dalam rahim ibunya. Zat tersebut mengganggu pertumbuhan dan fungsi otak ketika janin dilahirkan, sehingga kecerdasannya pun terganggu. Penumpukan timbal yang terjadi itulah yang juga menyebabkan timbulnya berbagai penyakit yang telah disebut sebelumnya.

Sebenarnya alam telah mengatur agar tidak terjadi pencemaran udara dengan adanya hujan dan pergeseran angin. Namun, dengan semakin padat dan banyaknya kendaraan bermotor di negara ini maka semakin sulit pula bagi alam untuk menjaga keseimbangan. Untuk itu, kita sebagai manusia pun harus sudah peduli untuk menjaga keseimbangan alam ini.

Salah satunya adalah dengan selalu merawat mesin kendaraan dengan baik dan teratur agar asap knalpot yang dihasilkan tidak berwarna hitam, baik pada kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Saat memodifikasi kendaraan bermotor pun ada baiknya juga mempertimbangkan hal ini

No comments:

Post a Comment